===WELCOME TO MIX COMPUTER BLOG'S=NOTEBOOK & PC POINT CENTER===

Rabu, 02 Februari 2011

CARA AMPUH BIKIN BATERAI NOTEBOOK KESAYANGAN ANDA AWET

Kita mau jelasin tentang penggunaan baterai notebook atau netbook biar awet & tidak cepet bocor.

1. pengecasan pertama setelah pembelian

biasanya sich kalo toko2 laptop yg baek salesnya, kita di kasih tau tentang tata cara pengecasan awal notebook kita sebelum nanti performnya dimaksimumin kaya biasanya. standartnya pengecasan batre pada laptop ga jauh beda kok ma kaya kita beli HP. untuk starting awalnya, kita perlu melakukan pengecasan sekitar 6 - 8 jam pada batre dalam kondisi laptop mati ya.

sama kan kaya kita baru beli HP pertama kali, fungsinya itu untuk supaya si batre sendiri ke-cas penuh batrenya, coz waktu pas batre2 laptop itu di packing semuanya dalam kondisi kosong N ga ada daya cell di dalamnya (6cell buat notebook N 3cell buat netbook). makanya kita mesti full cas dl batrenya biar bisa awet.

2. pemakaian batre VS pemakaian listrik?

banyak temen2 yg suka bahkan sering banget tanya, gimana sich supaya batre gue ga cepet ngedrop??atau kenapa sich ni laptop baru 3 minggu beli batrenya ga awet bgt??!!@

nah...jawabannya gimana waktu anda pertama kali nge-cas baterailaptop anda?sesuai dengan cara di atas apa tidak??

Masih bisa di perbaiki tanpa anda harus datang ke service center laptop anda. hal pertama yg harus anda lakukan itu adalah melakukan pengecasan ulang lagi kaya waktu beli laptop baru anda.tapi kondisinya beda dikit, anda nge-cas laptop tetep dalam kondisi mati tapi engga sampe 6 jam nonstop, cukup 4jam aja secara nonstop.

nah...udah beres masalah baterai yg harus di cas?sekarang gimana sich caranya supaya baterai tidak cepet bocor...??

jawabannya simpel bgt sebenernya, kalo anda sering mobile2 ke tempat2 yg ga memungkinkan buat anda colok listrik,prefered lah anda cas batre anda sampe full supaya anda jg nyaman pas lagi mobilenya. if..kalo anda cuman di rumah aja sich, kenapa ga cabut aja batrenya?kalo udah selesai ngecas dalam konsidi laptop andamati, cabut aja batrenya trus anda online pake listrik.

tapi ada pengecualian jg sich, kalo di tempat anda sering mati listrik,(apalagi sekarang lagi musim memadaman listrik bergilir) betternya anda tetep pasang aja batrenya biar laptop anda save. coz seringnya laptop anda mati mendadak gara2 arus pendek bisa bikin mainboard di laptop anda jebol.bisa bahaya kalo anda ga punya backup data di laptop anda, di tambah lg anda harus ganti mainboard laptop anda yg harganya jg ga murah. so.. kalo kejadiannya kaya gitu sich better anda tetep pasang batrenya jadi lakukan pengecasan sambil di pake aja, gpp.tapi pas indikator batrenya 100% harap di cabut ya adaptornya..


3.ketahanan daya batre
batre laptop di desain dengan menggunakan 6 cell batre, yg fungsinya sebagai pengganti media listrik kalo anda lagi ada di posisi atau situasi yg ga mengmungkinkan buat melakukan pengecasan(Mall, Cafe, Dll), jadi batre itu sendiri yg akan bekerja menggantikan posisi si listrik.
normalnya daya tahan batre ukuran 6cell itu sekitar 5 - 6 jam untuk standby dan sekitar 4 jam untuk pemakaian maksimal.
sedangkan kalo anda punya netbook, jgn dl langsung triak2 N maki2 sales tempat anda beli netbooknya ya...inget batre netbook itu standarnya 3cell, kalo pun ad yg 6cell itu jg belum lama aja,jadi sebelum beli tanya dulu lah.harga murah kan ga menjamin kepuasan 100% pembeli lho.
untuk ukuran batre 3cell sendiri setidaknya masih mampu sampe sekitar 3 - 4jam untuk standby dan sekitar 1,5 jam untuk penggunaan nonstop. jadi jangan keburu2 ngamuk N ngacak2 toko dulu ya....
dari ketahanan daya batre di atas yg udah gue jelasin, kalo seandainya batre notebook atau netbook anda ada yg ga sampe perform maksimum pemakaian daya batrenya, patut dipertanyakan.ada kemungkinan batrenya bocor jadi anda mesti siap sedia terus bawa2 adaptor anda kemanapun anda pergi..

4 komentar:

  1. mantap gar,, penting bgt thu.. tp pny q dr awal beli smp sekarang cm tahan maks 2,5 jam.. Laptop

    g normal yah???

    BalasHapus
  2. Makasih ya dah mau mampir...
    @adhit: ya dhit klo untuk laptop masih batas normal...

    BalasHapus
  3. Wah, bagus n sangat bermanfaat ilmunya..
    Terutama buat aku yg br pertama beli laptop.. Xiiii

    BalasHapus